Lantai Lapangan Basket Indoor dan Outdoor

Lantai Lapangan Basket - Yang memiliki hobi basket pasti sudah tahu tentang lapangan basket dan juga lantai yang digunakan itu adalah bahan apa. Lapangan basket pada umumnya berbentuk persegi panjang, ada dua standart ukuran yaitu ukuran Nasional dan Internasional.

Untuk lapangan basket internasional memiliki panjang 26 meter dengan lebar 14 meter menurut aturan Federasi Bola Basket Internasional. Dan untuk ukuran Nasional adalah 28 meter dengan lebar 15 meter menurut National Basketball Association, semua memiliki 3 buah lingkaran yang memiliki jari-jari 1,80 meter.

Lapangan Basket Nasional

Untuk panjang dari garis tengah di lingkaran adalah 1,80 meter dipadukan dengan lebar garis 0,05 meter. Juga panjang garis akhir lingkaran kawasan serang adalah 6 meter dan untuk panjang garis hukuman tembakan 3,60 meter

Pada ring basket dan juga tiang papan pantul, jarak lantai sampai pada papan pantul bagian bawah yaitu 2,75 meter. Kemudian jarak papan pantul sampai ke ring basket yaitu 0,30 meter. Untuk ring basket mempunyai panjang 0,40 meter dan jarak tiang sampai ke garis akhir 1 meter.

Papan pantul memiliki panjang bagian luar 1,80 meter dan memiliki lebar 1,20 meter, papan pantul 0,59 meter untuk panjang bagian dalam dengan lebar 0,45 meter.

Lapangan basket memang sewajarnya memakai lantai yang kesat dan tidak licin, kebanyakan lapangan basket menggunakan parket atau kayu. Jika menggunakan parket memang terkesan kesat dan awet, itu bila lapangan berada pada indoor. Jika lapangan berada pada outdoor maka lantai memakai cor semen yang sudah didesain sedemikian rupa.

Lantai Lapangan Basket Indoor dan Outdoor

Lapangan Basket Indoor : 

Lapangan Basket Indoor

Indoor menggunakan lantai parket yang terbuat dari kayu jati, kayu jati untuk ketahanan yang bagus dibandingkan dengan kayu lain. Lantai parket memang dipilih karena tidak terlalu keras dibandingkan dengan lantai keramik maupun cor.

Lapangan Basket Outdoor : 

Lapangan Basket Outdoor

Lapangan outdoor tidak menggunakan kayu parket karena kayu tidak akan awet jika terus terkena hujan maupun panas matahari secara terus menerus. Biasanya menggunakan cor semen dan besi sloof untuk pondasi. Untuk memperkuat sloof dan juga pondasi plat maka soran harus didiamkan selama 21 hari agar beton bisa mengeras dengan sempurna.

Sekian dulu untuk artikel saya kali ini mengenai jenis lantai dan ukuran lapangan basket indoor maupun outdoor. Semoga artikel saya kali ini bisa membantu dan juga bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa.