Lapangan Senam Lantai Beserta Ukuran & Sejarah Senam Lantai

Lapangan Senam Lantai - Lapangan memang tempat yang vital untuk berolahraga, selain untuk sebuah pertandingan, lapangan sangat vital juga untuk mengadakan kejuaraan umum atau hanya untuk tempat berlatih senam lantai.

Lapangan Senam Lantai dan Sejarahnya

Lapangan senam lantai sangat berbeda dengan lapangan volly, basket, sepak bola dan juga futsal. Perbedaannya adalah lapangan senam lantai menggunakan lantai yang sudah disesuaikan dengan ukuran standart lapangan senam lantai dan beralaskan matras.

Matras sebagai penahan agar tidak terjadi benturan fisik, matras juga sangat penting untuk hal olahraga ini tentunya. Olahraga yang satu ini dimulai dari jaman Jepang yang pada tahun 1983 untuk pertama kalinya diadakan pesta olahraga Indonesia oleh Games The New Amarging Force (GANEFO) yang dalam naungan Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani).

Senam lantai merupakan olahraga yang hanya mengandalkan gerak semua anggota badan dilakukan dengan kombinasi terpadu. Untuk pertandingan resmi, ada dua macam jenis senam lantai, senam lantai gerakan bebas dan senam lantai gerakan wajib.

Gerakan yang biasa ditunjukan oleh senam lantai adalah kekuatan, salto, keseimbangan, lompatan, dan lain-lain. Untuk penilaian dari senam lantai ini adalah berpacu pada kode nilai gerakan dasar dan juga tingkat kesulitan dari gerakan senam.

Macam-macam gerakan dari senam lantai adalah Tiger Sprong (lompat harimau), Forward Roll (guling kedepan), Hands Stand Overslag (lenting tangan), lompat jongkok, Brug (kayang), Snuck (lompat ikan), Summer Vault (salto kedepan), Backward Roll (guling kebelakang), Roll kiep (guling lenting), Squat Roll (keseimbangan lutut berguling), Round Off ( lenting tangan putar), Flik Flak (lenting tangan kebelakang), Kopstand (berdiri dengan kepala).

Untuk bermain dalam senam lantai ini, harus memiliki skill atau bisa dikatakan terlatih. Karena untuk olahraga ini sangat sulit jika orang tidak mengetahui sebelumnya. Sebelumnya harus ada pembina/pelatih dalam senam lantai ini.

Lapangan senam lantai dibuat dengan dasar pengalaman dan berkembang sampai sekarang. Lapangan senam lantai sangat dipentingkan dalam keberadaannya, karena memang tempat untuk para atlet melakukan senam lantai hanya pada lantai Bahan yang baik untuk lantai senam adalah dari kayu. Jika kebetulan Anda ingin berbelanja kayu di kota yogya sangat tepat sekali. Harga lantai kayu yogyakarta bisa dicek di hargalantaiparket.com.


Ukuran untuk lapangan senam lantai adalah 12 meter untuk setiap sisinya dan berbentuk persegi, sebenarnya hanya itu ukuran lapangan senam lantai. Karena untuk ketebalan tidak ada ukuran tertentu, alias disesuaikan sendiri.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan juga bisa memberikan informasi yang tepat mengenai lapangan dan juga senam lantai. Sampai jumpa dilain kesempatan.